5 Wisata Lombok yang Anti-Mainstream dan Instagramable, Cocok Buat Traveler Kekinian

Eksotisnya wisata Lombok memang tidak dapat dipungkiri. Pantai, danau, air terjun hingga pegunungan tidak ada habisnya untuk dinikmati. Keindahan alamnya siap membius siapa saja untuk kembali datang. Spot wisata di Lombok pun seakan tak habis untuk dibahas. Masih banyak yang bisa dikunjungi. Selain Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Taman Nasional Gunung Rinjani, atau Pantai Senggigi, Lombok masih menyimpan destinasi wisata lainnya yang tak kalah indah dan memesona wisatawan. Nah, kali ini Rabu (17/10/2018), Liputan6.com sudah merangkum beberapa spot wisata Lombok yang anti-mainstream dan instagramable.

 

1. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Bagi traveler yang hobi naik gunung cocok sekali dengan objek wisata Lombok yang satu ini. Namanya Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak. Objek wisata ini memang tergolong masih baru, dan bisa menjadi salah satu destinasi alternatif yang bisa menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Taman wisata yang berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah ini memang belum setenar Gunung Rinjani, namun panorama yang bisa dinikmati dari daerah yang terletak di ketinggian 0-105 mdpl ini sungguh luar biasa indah.

Di Gunung Tunak ini wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pantai selatan Lombok yang berpasir putih, tebing-tebing berdinding kapur, hamparan rumput hijau yang luas sejauh mata memandang, serta hutan pantai dan hutan dataran rendah. TWA ini juga dikembangkan sebagai tempat wisata edukatif di Pulau Lombok dengan beragam flora dan fauna langka menjadi pemandangan menarik dengan latar belakang gugusan bukit nan hijau dan pantai yang indah.

Jika sedang beruntung, wisatawan bisa bertemu kera abu-abu ekor panjang, rusa timor, atau kupu-kupu Troides Helena sebagai satwa yang dilindungi pelestariannya di hutan tropis satu ini.

2. Pantai Penyisok

Hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, ditambah tebing karang yang berlapis-lapis berwarna kuning keemasan bakal membuatmu seolah-olah sedang berada di benua lain. Surga tersembunyi ini bisa kamu temukan di Pantai Penyisok yang berada di Kecamatan Jerowaru. Destinasi wisata di pesisir Lombok ini memiliki keindahan alam yang siap menghipnotis wisatawan yang berkunjung.

Menariknya, di spot wisata Lombok timur ini wisatawan bisa menemui sejumlah peninggalan-peninggalan kuno yang masih bediri kokoh. Di antaranya seperti Masjid Kuno yang di bangun dari batu apung, dan Lingkok Datu (Sumur Raja) yang berjumlah 7 buah.

 

3. Bukit Pergasingan

Di wisata Lombok ini wisatawan dapat melihat petak-petak sawah berwarna-warni dengan latar Gunung Rinjani yang megah. Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan bisa didaki selama 2 – 2,5 jam. Tak cuma buat camping, bukit ini juga sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Bukit ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi berbagai aktivitas menantang, seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya. Bukit ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur.

4. Pantai Nambung

Pantai Nambung berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai ini menyuguhkan ombak besar dan pasir bertekstur lembut. Pantai Nambung memiliki bibir pantai cukup luas dengan pemandangan laut lepasnya yang indah serta jajaran perbukitan yang mengelilingi pantai. Selain deburan ombaknya, di pantai satu ini wisatawan bisa menikmati fenomena alam yang cukup unik, yaitu air terjun yang ada di tepi laut. Fenomena ini tercipta karena hempasan ombak besar yang mengenai tebing karang lalu setinggi kurang lebih 10 meter jatuh kembali ke laut seperti air terjun. Pantai ini makin eksotis dengan adanya kolam alami yang terbentuk saat air surut. Tempat wisata antimainstream di Lombok ini bisa dicapai dengan perjalanan selama 2 jam dari Kota Mataram.

5. Air Terjun Kumbi

Air terjun yang berada di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat ini disebut juga dengan air terjun Segenter. Air terjun Kumbi menawarkan keindahan alam yang masih alami dan jauh dari kesan terjamah tangan manusia.

Untuk mencapai lokasi air terjun bisa ditempuh dengan four wheel drive atau bisa juga soft tracking. Keduanya sangat seru. Dengan soft tracking, wisatawan dapat menikmati wisata alam, melihat banyak vegetasi yang tumbuh alami di sana. Sedangkan dengan four wheel drive, adrenalin bisa sangat dipacu dan sangat seru. Batu-batuan dan sungai yang terbentuk menambah keindahan air terjun ini. Ditambah pengunjung yang tidak terlalu banyak bahkan jarang, membuat air terjun ini sangat menampilkan sisi privacy-nya. Suara gemericik air dari air terjun setinggi 10 hingga 15 meter ini membuat suasana semakin tenang dan rileks.

sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3668666/5-wisata-lombok-yang-anti-mainstream-dan-instagramable-cocok-buat-traveler-kekinian