Hebat!!.. Destinasi Wisata Lombok Tengah Tercantik Se-Asia

PRAYA – Destinasi wisata Lombok Tengah (Loteng), mendapatkan predikat tercantik dan terindah se-Asia. Objek wisata pantai, air terjun, dan tradisi sosial budaya yang dimiliki Gumi Tatas Tuhu Trasna dinilai tidak ada duanya di Asia, bahkan dunia.

Alhamdulillah, predikat itu baru saja kita terima dari United States World Regions. Diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta beber Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie, kemarin (6/4).

Predikat tersebut langsung mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan dari Asia hingga seluruh dunia. Terlebih, Loteng memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika Resort.

Putrie mengaku, secara nyata objek pantai di wilayah selatan Loteng, dari ujung Teluk Awang sampai Torok Aik Belek memang cantik dan indah. Air lautnya ada yang tenang dan bergelombang. Pantainya pun semua pasir putih. Belum lagi, perjalanan sosial budaya masyarakatnya. Salah satunya Dusun Sade di Desa Rambitan.

Bukan itu saja, di wilayah utara, terdapat air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu serta jalur pendakian Gunung Rinjani yang menantang dan indah. Intinya, tidak bisa disampaikan dengan kata-kata. Silakan buktikan saja, kecantikan dan keindahan destinasi wisata di daerah kami ini? ujarnya.

Ia berharap, dengan predikat tersebut, dinas dan instansi yang memiliki tanggung jawab yang sama, seperti Disbudpar, agar memulai program kerjanya masing-masing membangun pariwisata, baik fisik maupun non-fisik? Sebagaimana pesan bupati dan wakil bupati, pariwisata harus dibangun secara bergotong royong kata Putrie.

Yang perlu dibangun, tambah Putrie yaitu akses transportasi darat, laut, maupun udara. Yang masih terisolasi harus dibuka. Tugas itu secara teknis menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Selanjutnya, menyiapkan petunjuk jalan oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

Kemudian, memperbanyak event, baik nasional maupun internasional. Tugas tersebut, tentu menjadi urusan dinas yang dipimpinnya. Untuk mengimbangi jumlah kunjungan wisatawan, Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) harus mendesak para investor membangun fasilitas, sarana dan prasarana priwisata.

Terakir, meningkatkan pelayanan, kebersihan, dan memperbanyak pilihan kuliner. Itu menjadi tanggung jawab Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Yang lain-lain, akan mengikuti dan menyesuaikankatanya. Ia menekankan, satu tujuan dari itu semua yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

Kalau berbicara keindahan pantai saja, Loteng memang tidak ada duanya di dunia. Silakan dibuktikan kata Camat Pujut yang juga mantan Kabid Pengembangan Pariwisata Disbudpar Lalu Sungkul di tempat terpisah.

Sumber: http://www.lombokpost.net/2017/04/07/dddestinasi-wisata-loteng-tercantik-se-asia/